April 17, 2012

Nukilan Cerpen The Bet-Anton Chekhov

.........
Di dalam buku-bukumu saya telah melemparkan diri sendiri ke dalam lubang tanpa dasar, menciptakan mukjizat, membunuh, membakar kota-kota, menyebarkan agama baru, menaklukkan seluruh kerajaan.

" Buku-bukumu telah memberi saya kearifan. Semua yang diciptakan oleh pikiran manusia yang tak mengenal istirahat selama berabad-abad telah dipadatkan menjadi sebuah kompas kecil di dalam otakku. Saya tahu bahwa saya lebih arif dari Anda semua.

" Dan saya memandang rendah buku-bukumu, saya memandang rendah kearifan dan karunia dunia ini. Semua itu tidak ada gunanya, fana, menyesatkan, dan menipu, seperti sebuah fatamorgana. Anda boleh bangga, bijaksana, dan sehat, tetapi kematian akan menyapumu dari muka bumi seakan-akan Anda tidak lebih dari tikus-tikus yang menggali lubang persembunyian di bawah lantai, dan anak-cucumu, sejarahmu, kejeniusanmu yang abadi akan terbakar atau membeku bersama-sama bola dunia.

" Anda telah kehilangan pertimbangan akal sehat dan memilih jalan yang salah. Anda telah mengambil kebohongan sebagai ganti kebenaran, dan kengerian sebagai ganti keindahan. Anda akan kagum jika, karena suatu kejadian-kejadian aneh, katak dan cicak tiba-tiba menjadi buah batang apel dan jeruk dan bukan buah apel dan jeruk, atau jika bunga mawar mulai berbau seperti keringat kuda; jadi saya heran pada Anda yang menukar surga dengan bumi. Saya tidak ingin mengerti Anda.

" Untuk membuktikan dengan perbuatan betapa saya memandang rendah semua sarana hidup Anda, saya menolak uang dua juta yang dulu saya impikan sebagai surga dan yang sekarang saya pandang rendah. Untuk merampas hak akan uang itu dari diri saya sendiri, saya akan keluar dari sini lima jam sebelum waktu yang telah ditetapkan, dan dengan begitu perjanjian terlanggar....."

The Bet- Anton Chekhov (edisi Bahasa Inggris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar